Janji Pelangi, Persahabatan Menyembukan Trauma


by : Indah Khaerani
Posted : December 29, 2017
Julie, pembaca Janji Pelang di Tiongkok

Novel Janji Pelangi menceritakan tentang seorang cewek bernama Terry yang tinggal di kota Malang dan mengalami gangguan psikologis, yaitu Agorafobia, keadaan di mana seseorang mengalami trauma kecemasan dan ketakutan ketika di tempat yang menurutnya berbahaya.
Terry merasa luar rumahnya sangat berbahaya, sehingga iamenjadi takut dan cemas untuk keluar rumah.
Keadaan itu terjadi karena Terry mengalami masa lalu yang tragis. Dalam perjalanan pulang sehabis jalan-jalan bersama keluarganya, mereka mengalami kecelakaan. Mobil keluarga Terry menabrak pembatas jembatan layang. Mama, papa dan adiknya tewas sedangkan ia kritis. Tetapi akhirnya, ia menjadi satu-satunya yang selamat dari kecelakaan tersebut. Mengetahui hanya ia yang selamat, ia menjadi depresi dan tidak semangat untuk menjalani hidup.
Kakak TerryMeri adalah seorang Psikater. Ia tinggal berjauhan dengan Terry karena menjalani kuliah S2-nya di Jakarta. Meri pulang ke Malanghanya saat liburan semester. Ia pun berusaha untuk membantu Terry menyembuhkan traumanya.
TIba-tiba, datang seorang cowok seumuran dengan Terry yang melamar menjadi supir di rumahnya. Namanya Sigit, yang pada akhirnya menjadi cukup dekat dengan TerrySigit melakukan banyak hal baik untuk nenek Terry, sehingga Terrylama kelamaan bisa membuka diri.
Tidak lama, datang sahabat kecil Terry bernama Kazu, yang sempat pindah ke Jepang saat kecil. Keduanya pernah bertukar alat lukis dan berjanji akan melukis pelangi bersama saat Kazu kembali. Kazu, yang merupakan mahasiswa S2 Psikologi di Jepang ini membantu Terry untuk bisa tenang saat berada di luar rumah.
Kisah perjuangan Terry untuk tetap semangat untuk hidup dan kisah percintaan Terry diantara dua cowok membuat kita jadi ingin terus membaca novel ini.
Kata-kata dalam novel ini gampang dipahami dan ceritanya terselip banyak kebetulan dan kejutan. Fahrul Khakim sukses membuat cerita menjadi mengalir dengan riset-riset psikologinya. Rekomen banget buat dibaca di waktu luang!
 
Janji Pelangi di Guilin, Tiongkok
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Bhuana Sastra
Janji Pelangi
Genre: Drama
Pengarang: Fahrul Khakim
Penerbit: Bhuana Sastra
Jumlah halaman: 262 Hal.

Comments

Popular posts from this blog

Monolog Waktu

Jangan Buang Putung Rokok Sembarangan