Modus Baru Pengemis

Oleh: M. Nurfahrul Lukmanul Khakim
(Mahasiswa Universitas Negeri Malang)

            Pengemis sekarang tidak lagi ada di jalanan, tetapi sudah mendatangi rumah-rumah dengan modus baru. Suatu siang rumah paman saya didatangi seorang ibu yang menggendong seorang balita. Saya yang mempersilakannya masuk ke rumah karena hanya saya yang berada di rumah dan ibu tersebut mengaku suami dari penjual mi ayam yang pernah berteman akrab dengan keluarga saya. Ibu tersebut minta izin ke toilet bersama balitanya. Saya terus mengawasi karena sejak kedatangannya karena tingkah ibu itu tampak mencurigakan.
dari pada mengemis, kerja seikhlasnya aja

            Sekeluar dari toilet, ibu tersebut  minta diajak keliling rumah. Saya langsung keberatan. Ibu tersebut terus membujuk saya bahwa dia mengenal paman dan bibi saya. Ibu tersebut juga bilang bahwa saya adalah teman TK dari adiknya padahal saya adalah perantauan. Jadi saya tidak mungkin TK di Malang. Setelah menyerah membujuk saya, ibu tersebut pulang begitu saja tanpa pamit. Setelah saya konfirmasi dengan bibi saya, dia tidak pernah punya kawan yang dimaksud ibu tersebut. Ternyata paman saya juga sudah sering kedatangan pengemis seperti itu dan kehilangan dua ponsel Blackberry karena dicuri pengemis seperti itu. Wajib untuk menanyakan identitas dan keperluan setiap tamu yang datang ke rumah demi keamanan bersama.

dimuat Surya; Jumat, 22 Mei 2015

Comments

Popular posts from this blog

Monolog Waktu

Janji Pelangi, Persahabatan Menyembukan Trauma

Jangan Buang Putung Rokok Sembarangan