Lima Kecantikan Putri Sekarsari

Oleh: M. Nurfahrul Lukmanul Khakim

Sekarang tidak hanya Danau Toba yang punya pulau di tengah danau bernama Pulau Samosir. Tidak hanya Korea yang punya pulau Nami sebagai pulau artifisial yang cantik. Malang sebagai destinasi wisata yang terkenal masih menyimpan kejutan lain yaitu Pulau Sekarsari. Pulau unik ini memang belum seterkenal wisata Balekambang tetapi tidak kalah menarik dengan wisata andalan Malang lainnya. Lima kecantikan Pulau Putri Sekarsari ini akan memanjakan wisatawan dengan pengalaman berwisata yang berkesan.

Pertama, mudah diakses. Ratusan wisatawan domestik memadati area Pulau Putri Sekarsari setiap pekan. Pulau buatan yang terletak di tengah area wisata Andeman, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang ini memang gampang diakses. Jalan menuju pulau ini memang berkelok tetapi sudah diaspal. Selama perjalanan saya dan wisatawan akan disuguhi suasana khas pedesaan dan hutan bambu yang rindang.

Kedua, murah meriah. Parkir sekaligus tiket masuk area ini hanya Rp5000. Saya dan kawan-kawan menghabiskan berjam-jam di area ini untuk jalan-jalan, naik perahu, dan piknik. Wisatawan bisa mengelingi pulau dan danau ini dengan perahu motor hanya dengan tarif Rp3000 saja. Anak-anak juga bisa berenang di kolam renang khusus di dekat pintu masuk sepuasnya.
Ketiga, wisata yang komplit! Bagi pengunjung yang suka wisata alam, tempat ini cocok untuk mencari ketenangan. Ada ratusan ikan gabus dan mujair di danau yang bisa diberi makan. Pengunjung juga bisa mendaki bukit di sisi danau untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Saat lelah berjalan, ada puluhan bangku yang bisa dijadikan tempat istirahat sambil menikmati udara yang sejuk. Pulau Sekarsari bisa dijangkau dengan jembatan berbahan semen yang didesain model jembatan bambu berwarna kuning. Ada juga pendopo makam kiai pertama yang membabat alas Andeman yang bisa diziarahi. Mushola di samping makam yang didesain ala joglo bisa digunakan untuk beribadah dengan tenang.

Keempat, pulau kebun bambu. Terdapat berbagai macam bambu mulai dari bambu hijau sampai kuning yang dikembangbiakkan di wisata  Andeman ini. Bangku-bangku bambu di pulau ini sengaja disebar ke seluruh pulau agar pengunjung dapat menikmati setiap sudut pulau dengan nyaman.
Kelima, setiap sudutnya instagramable! Berwisata ke pulau ini seperti jalan-jalan ke banyak tempat jadi satu. Taman bunga di pulau ini tak hanya cantik tapi juga bisa memuaskan hasrat untuk berfoto sepuas hati. Belum lagi setiap bangku taman yang ditempatkan di sudut terbaik untuk berfoto juga bisa menghasilkan hasil jepretan yang menarik. Berfoto sambil menaiki perahu motor menjadi hal favorit hampir semua wisatawan pulau ini.


Pulau artifisial seperti ini di Indonesia memang masih jarang karena negara kita sudah memiliki ribuan pulau. Konsep taman yang mengapung di telaga andeman menjadi kekhasan tersendiri pulau ini. Ketersediaan tempat sampah menjadi kekurangan area wisata ini karena masih terdapat sampah berceceran yang sungguh disayangkan bisa mencemari kejernihan danau. Para wisatawan sebaiknya juga tetap hati-hati karena danau ini cukup dalam.

Comments

Popular posts from this blog

Monolog Waktu

Janji Pelangi, Persahabatan Menyembukan Trauma

Jangan Buang Putung Rokok Sembarangan