Temukan

Sabtu, 07 Februari 2015

Diplomasi Cwie Mi Singapura

Oleh: M. Nurfahrul Lukmanul Khakim
(Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang)

            Sekarang tak perlu jauh-jauh ke Singapura untuk menyantap mie ayam khasnya. Semua itu kini ada di Batu. Tak perlu menerogoh kocek terlalu dalam dan terbang ke sana untuk menikmatinya karena semua dapat diperoleh dengan harga terjangkau.
Di depan kafe 'Geng Cabe'
            Kafe sederhana dengan nuansa jingga yang ceria itu bernama Geng Cabe. Letaknya di Jalan Diponegoro 58 atau sekitar 200 meter sebelum memasuki kawasan alun-alun Batu. Kafe mungil itu menghadirkan aneka penganan berbahan mie dengan berbagai level pedas yang berbeda. Nah, makanan yang paling menarik ialah mie ayam Singapura. Sama seperti menu lain di kafe ini, pengunjung bebas menentukan level pedas untuk makanannya dengan harga relatif terjangkau mulai dari Rp6000 sampai Rp35000.
            Mie ayam Singapura berbeda dengan mie ayam Indonesia. Biasanya mie ayam Indonesia memakai kari ayam atau ayam kecap, mie ayam Singapura dilengkapi dengan potongan ayam dadu yang dibumbui asam-manis dan dilengkapi dengan keripik pangsit. Rasanya sungguh unik dan mengesankan. Cara makannya sama dengan mie ayam pada umumnya, bisa ditambahkan saus, kecap, atau sambal sesuai selera untuk memperkuat rasa. Perpaduan semua bumbu itu akan menghadirkan rasa asam yang pas, khas makanan oriental.
Mi Ayam Singapura
            Menyantap mie ayam Singapura di tengah hawa sejuk Batu akan menimbulkan persepsi dan nuansa baru yang menyenangkan. Kehadiran mie ayam Singapura sebagai salah satu menu di Kafe Geng Cabe merupakan suatu bentuk diplomasi antar negara lewat kuliner, apalagi di saat Indonesia tengah bersiap menyambut MEA. Mie Ayam Singapura patut dicoba untuk menuntaskan rasa penasaran pada sensasi perpaduan khas kuliner oriental dan melayu dalam diplomasi sebuah hidangan di kota yang indah permai.
Artikel yang dimuat koran Surya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar