Belajar Sejarah untuk Generasi Milenial


Oleh: Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim
(Dosen Sejarah Universitas Negeri Malang)
 
Para Pemateri berfoto dengan Dosen Sejarah
Acara Seminar Nasional Sejarah 2019 “Pembelajaran Sejarah Berbasis Kehidupan untuk Generasi Z” disegelnggarakan oleh Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang hari ini (30/4/2019) di Aula Ki Hadjar Dewantara Gd. I1 lt. 7, FIS UM. Ratusan peserta dari berbagai provinsi sudah memadati aula sejak tadi pagi. Setelah sambutan dan pembukaan oleh Bu Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, Dekan Fakultas Ilmu Sosial, acara selanjutnya adalah peyerahan cinderamata kepada para pemateri.
Bapak Najib Jauhari (Dosen Sejarah UM) selaku moderator memimpin jalannya diskusi dengan serius tapi santai. Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum (Sejarawan dari Universitas Padjadjaran) menyampaikan makalahnya yang berjudul Sejarah Visual sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Prof. Reiza menekankan pentingnya pembelajaran berbasis visual untuk meningkatkan minat pembelajaran sejarah.
Narasumber selanjutnya, Dr. Abdul Syukur, M.Pd (Sejarawan dari Universitas Negeri Jakarta sekaligus Ketua Umum Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Seluruh Indonesia) menyampaikan makalahnya yang berjudul Identitas Kebangsaan dalam Pendidikan Sejarah di Era Internet. Pembelajaran sejarah yang kontekstual bisa memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk menumbuhkan kesadaran sejarah pada generasi milenial karena perbedaan pemahaman sejarah dengan generasi sebelumnya. Hal ini perlu disatukan dalam konsep kesadaran sejarah berlandaskan kemanusiaan yang berorientasi pada nila-nilai persatuan bangsa Indonesia sebagaimana terdapat dalam ideologi Pancasila untuk memperkuat identitas kebangsaan.
Suasana Seminar Nasional
Setelah sesi tanya jawab, acara selanjutnya adalah panel-panel diskusi para pemakalah yang dibagi menjadi tiga kelas berdasarkan tema makalah. Para akademisi, guru dan mahasiswa Sejarah dari Surakarta, Yogyakarta, Lampung, Kalimantan Barat, Jember, Banyuwangi & Sidoarjo sudah mempersiapkan makalah terbaiknya untuk dipresentasikan dan didiskusikan bersama. 

Comments

Popular posts from this blog

Monolog Waktu

Janji Pelangi, Persahabatan Menyembukan Trauma

Jangan Buang Putung Rokok Sembarangan