Penipuan Menjelang Ramadhan

Oleh: M. Nurfahrul Lukmanul Khakim
(Mahasiswa Universitas Negeri Malang)


            Akhir pekan kemarin saya dihubungi nomor asing yang mengaku sebagai pegawai promosi provider seluler yang saya pakai. Pegawai yang mengaku bernama Irwan itu mengabarkan bahwa nomor ponsel saya memenangkan undian berhadiah Rp8.000.000,-. Seingat saya provider seluler saya yang berinisial M tidak sedang mengadakan lomba / undian apa pun. Ketika saya tanyakan, Irwan menjawab bahwa program undian ini memang tidak dipublikasikan / bersifat rahasia. Program tersebut untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

            Irwan menegaskan bahwa saya tidak perlu mencantumkan nomor rekening atau pin ATM saya. Irwan meminta saya untuk segera ke ATM guna mencairkan dana tersebut. Irwan memberi saya sebuah kode perjumlah 11 digit yang harus saya masukkan pada fitur transfer ATM saya. Saya menolak karena saya cukup berpengalaman mengikuti berbagai lomba, hadiah bisa dikirim hanya dengan mencantumkan nomor rekening. Tetapi Irwan bilang ini uang elektrik jadi prosedurnya berbeda. Saya kembali menolak karena saya pikir prosedurnya dan programnya mencurigakan serta tidak jelas. Saya justru curiga Irwan akan membobol ATM saya setelah saya memasukkan kode tersebut. Modus penipuan menjelang Ramadhan ini sebaiknya perlu diwaspadai karena sering memberikan iming-iming imbalan besar tetapi sebenarnya hendak membobol ATM.

Comments

Popular posts from this blog

Monolog Waktu

Janji Pelangi, Persahabatan Menyembukan Trauma

Jangan Buang Putung Rokok Sembarangan