BNI 69: Terbaik dari yang Terbaik
Oleh: Fahrul Khakim
Begitu bangga
rasanya BNI telah banyak menuai prestasi untuk Indonesia. BNI telah memancang
visi ‘Memberi Lebih’ dengan aksi nyata. Ada begitu banyak prestasi BNI yang
patut diapresiasi karena telah membantu menyejahterakan masyarakat Indonesia
sekakigus mengharumkan nama Indonesia.
Tak perlu ragu
untuk menyimak prestasi BNI dalam rangka lomba blog 69 Tahun BNI, Berprestasi dan Berbagi untuk Negeri.
Pada usia spesial BNI mendekati tujuh dekade ini, saya telah merangkum 69
prestasi BNI yang patut kita simak dan apresasi. Tentu saja prestasi BNI ini
sangat berkarakter, prestisius, dan tak ada duanya di Indonesia.
- Bank Komersial Pertama di Indonesia yang lahir pada 5 Juli 1946
- Satu-satunya Bank
yang menggantikan De Javasche Bank
pada era penjajahan
- Pendiri BNI ialah Anggota BPUPKI, Raden
Mas (R.M.) Margono Djojohadikusumo
- Bank pertama yang
alat resmi pembayaran pertama – ORI (Oeang Republik Indonesia)
- Pioner Bank
Pembangungan sekaligus Bang Devisa Indonesia
- Menjadi Bank Umum
yang Ditetapkan secara Yuridis
- Inovasi Kartu
Kredit Bergambar PBL dan Chelsea yang mendapatkan sambutan baik
- Layanan Trust untuk Industri Pertambangan
- Logo BNI yang
selalu humanis, berdedikasi, dan sangat ‘Indonesia’
- Slogan-slogan yang
selalu optimis dan realistis
- Empat Nilai Budaya
Kerja yang patut diteladani
- Enam
Nilai Perilaku Utama Insan BNI yang berkarakter dan profesional
- Kerja sama sponsor
yang selalu mendongkrak nama Indonesia
- Bank dengan 9 Anak
Perusaan yang terus berkembang
- BNI ialah Bank BUMN dengan jaringan internasional terbesar
- BNI
memiliki lima kantor cabang di luar negeri; yaitu di London, New York,
Tokyo, Singapura, Hongkong; satu sub branch
/ cabang di Osaka; Limited Purpose Branch di Singapura; dan Remittance
Representative yang tersebar di Malaysia, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat
Arab, dan Amerika Serikat.
17.
Mendapat 2 medali emas
untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR
serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali
Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia
yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November
2014.
18.
The Most Reliable Bank untuk kategori
bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan
Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014.
19.
Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014
bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI
untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014.
20.
The Best Local
Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management
Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management Service
menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September
2014).
21.
Gold Achievement
OpexCon Award dalam acara Awarding
Ceremony Best Project: Indonesia Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin
(19 September 2014).
22.
The Global 2000,
The Worlds Largest Public Companies
2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
23.
Most Admired Knowledge
Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014).
24.
Emiten Terbaik Sektor
Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014,
Jakarta, 24 Juni 2014.
25.
Tujuh penghargaan
bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific
di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4
diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center
Support Professional HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
26.
Peringkat Kedua
terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM)
2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia
(MRI) Jakarta, 13 Juni 2014.
27.
The Best Trade Finance
Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The
Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21
Mei 2014.
28.
The Best Emiten Sektor
Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014.
29.
BNI menjadi bank
pertama yang memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip
Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014.
30.
Best Cash Management
Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The
Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014.
31.
Indonesia Best Overall
Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency,
Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right
and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical
Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney
Hongkong, 27 Februari 2014.
32.
Gatot M. Suwondo
CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational
CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014.
33.
The Best Remittances
Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash
Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut
dari Alpha Southeast Asia Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.
- Transaksi BNI
Direct yang terus meningkat secara produktif :12% dari Rp 240 triliun per
Mei 2013 menjadi Rp 270 triliun pada Mei 2014
- Tingginya volume
transaksi tersebut tidak terlepas dari cepatnya tingkat penciptaan produkCash
Management yang
dilakukan BNI.
- Pada tahun 2013,
BNI telah mengembangkan 25 layanan Cash Management baru serta lebih dari 50
produk yang diciptakan sesuai dengan keinginan masing-masing klien secara
khusus.
- Tahun 2012,
pendapatan BNI dari bisnis internasional tercatat mencapai USD 77,62 juta
atau meningkat 37% dari tahun 2011
- Tahun 2013
tercatat pendapatan BNI dari bisnis internasional ini mencapai USD 95,51
juta atau meningkat 23% dari tahun sebelumnya
- Tahun 2014 ini, BNI memperkirakan pendapatan dari bisnis internasional akan menyentuh posisi USD 121,48 juta
40.
BNI telah memancang benih
investasi yang signifikan dalam membangun pondasi yang kuat dalam mengadakan
solusi, jasa konsultasi, dan pengelolaan kas yang sangat luas kepada
nasabahnya. Upaya itu membuat BNI memeroleh kepercayaan untuk mengelola kas
2.000 klien korporasi dan 18.000 perusahaan kecil dan menengah
41.
Gedung Wisma BNI 46
Gedung Tertinggi di Jakarta
42.
Gedung Wisma BNI 46
Gedung Tertinggi di Indonesia
43.
Gedung Wisma BNI 46
Gedung Tertinggi No. 4 di Belahan Bumi Selatan
44.
Gedung Wisma BNI 46
Gedung Tertinggi No. 96 di Asia
45.
Gedung Wisma BNI 46
Gedung Tertinggi No. 193 di Indonesia
46.
Satu-satunya Gedung
Bank yang jadi Icon Jakarta dan bahkan Indonesia: Gedung Wisma BNI
47.
Satu-satunya Gedung
Bank dengan desain yang unik dan menarik mirip ujung pena di Indonesia: Gedung
Wisma BNI. Saya mendapat kesan ujung pena itu untuk menunjukkan dedikasi dan
integritas yang tinggi pada negeri
48.
Seringkan mengadakan kuis-kuis gratis yang
seru dan berhadiah besar. Salah satunya kuis blog ini J
49.
Apresiasi dan
penghargaan pada nasabah bank lain. Memberikan hadiah setiap transaksi dengan
ATM BNI, menunjukkan bahwa BNI peduli pada kemudahan transaksi nasabah bank
mana pun. Kebijakan BNI ini bernilai sosial tinggi dan layak diteladani
50.
Pembayaran online paling aman. Mudah dan nyaman.
Saya sering membayar SPP kuliah dan membayar jual-beli online lewat BNI karena prosesnya gampang dan cepat. Bahkan begitu
juga testimoni dari teman-teman. Proses antrinya rapi, tertib, dan nyaman. Walau
saya bukan nasabah BNI, saya tetap dilayani dengan sejajar nasabah BNI lainnya.
51.
PT
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendapat penghargaan sebagai bank
persepsi dengan Layanan Penerimaan Negara terbaik 2014 dari Kementerian
Keuangan Republik Indonesia. Dari 33 wilayah di seluruh Indonesia, BNI menjadi
yang terbaik di 9 wilayah yaitu, Batam, DKI Jakarta, Daerah Istimewa
Yogyakarta, Banjarmasin, Mamuju, Kendari, Gorontalo, Ternate, dan Manado.
52.
Contact Center PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
atau yang dikenal dengan BNI Call 500046 menorehkan prestasi dalam ajang Contact Center World tingkat dunia di Las Vegas, Amerika
Serikat. BNI meraih dua medali emas, satu medali perak, dan satu medali
perunggu dalam kompetisi yang digelar Contact Center World dan diikuti oleh
peserta perusahaan dan individu dari Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika pada
pertengahan November 2014 lalu.
53.
BNI
menyejajarkan hak semua nasabah. Penyandang disabilitas, terutama pengguna
kursi roda, bisa memakai Anjungan Tunai Mandiri (ATM) lebih mudah di BNI (Bank
Negara Indonesia) dengan dibukanya fasilitas ATM yang dapat memenuhi kebutuhan
khusus mereka. Sebagai tahap awal, BNI membuka satu unit ATM khusus bagi penyandang
disabilitas di Kantor Cabang Utama Fatmawati, Jakarta, pada hari Rabu (3
Desember 2014).
54.
PT
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) merilis kartu debit paling eksklusif
pertama di Indonesia dengan fasilitas yang berlaku diseluruh belahan dunia,
yaitu Kartu Debit BNI Emerald World MasterCard. Peluncuran kartu ini diselenggarakan
secara simultan di dua tempat yaitu Galeries Lafayette Haussman, Paris dan
Galeries Lafayette, Jakarta sebagai representasi dari fasilitas kelas dunia
yang ditujukan kepada para nasabah prioritas BNI Emerald.
55.
Sering
menyeponsori, mendukung dan memberi diskon keren untuk acara seni budaya dan
musik keren seperti konser Andine dan Java Jazz, menunjukkan bahwa BNI 46 juga
merangkul kalangan seniman, budaya, serta mengerti selera kaum muda.
56.
Mendukung pemuda
khususnya mahasiswa menjadi agent of
change. Sebagai bentuk kepedulian terhadap
program-program pemberdayaan masyarakat, Bank Negara Indonesia (BNI) berkolaborasi
dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta merencanakan pengembangan
Sosio-Entrepreneurship Masyarakat Area Migas di Kabupaten Bojonegoro.
57. Promo belanja menarik dengan proyeksi dana yang transparan.
Buka BNI Tapenas, rencanakan masa depan Anda dan nikmati berbelanja online secara gratis senilai setoran
awal Anda.
58.
BNI membantu pelestarian
kearifan lokal Indonesia melalui Kampoeng BNI. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
(BNI) menyokong beberapa Kampoeng BNI yang telah dibimbingnya berkembang
menjadi Desa Wisata dengan memberikan capacity building tentang bagaimana
konsep desa wisata, pengembangan potensi wisata, pemasaran, dan pengelolaannya
(manajemen). Beberapa Kampoeng BNI tersebut diundang untuk memeroleh motivasi
dan pelatihan tentang manajemen Desa Wisata melalui capacity building dan benchmarking
di Kampoeng BNI Wisata Borobudur, di Desa Wanurejo, Magelang.
- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI
melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama dengan
Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk
penyebaran dan penyiaran informasi edukasi keuangan. BNI sebagai BUMN yang
bergerak di bidang perbankan, memiliki fungsi perpanjangan tangan
pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.
60.
PT
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menjadi satu-satunya bank yang meraih
penghargaan Adibakti Mina Bahari dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI,
pada acara malam penghargaan Adibakti Mina Bahari Tingkat Nasional Tahun 2014
61.
BNI 46: satu-satunya
bank yang resmi dipercaya Pemerintah Republik Indonesia untuk mempermudah
pembayaran passport di Indonesia
62.
Kini membayar passport
Indonesia lebih mudah karena Kini, selain
membayar tunai, pembuat paspor juga dapat membayar dengan menggunakan Kartu
Debit dan Kredit melalui fasilitas mesin electronic data capture (EDC) BNI yang akan terpasang
di 121 Kantor Imigrasi di Indonesia.
63.
Salah
satu Bank yang siap menjadi Financial Center di 2015 karena PT
Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sudah memperkuat integrasi bisnis dimulai dengan
perseroan menyiapkan tenaga perencana keuangan atau financial planner di posisi
customer service seluruh outlet BNI.
64.
Proyek
pengembangan Sistem Anti Fraud yang
dikembangkan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) diakui sebagai yang
terbaik dalam ajang kompetisi Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2014 (OpexCon). Sistem Anti Fraud bernama BNI Sales Governance
ini dinilai unggul oleh dewan juri OpexCon dalam penjurian yang
dilakukan Juli 2014, sehingga BNI layak meraih penghargaan sebagai penerima Gold Achievement OpexCon Award.
65.
PT
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menorehkan prestasi membanggakan dibandingkan
bank-bank lain di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Prestasi terbaik dan
pertama kali diraih BNI pada tahun 2014 adalah menjadi bank yang mempunyai Divisi
Internasional terbaik di Asia Tenggara.
66.
Mendukung
pendidikan Indonesia, sebanyak 13 guru berprestasi dan kepala sekolah, Kota
Pangkalpinang memeroleh uang pembinaan dari PT BNI Persero Tbk Cabang
Pangkalpinang pada saat HUT ke 69 PGRI dan Hari Guru Nasional di Kantor Wali Kota Pangkalpinang.
Masing-masing guru berprestasi memeroleh uang pembinaan Rp 2 juta.
67.
Membanggakan,
Bank Negara Indonesia (BNI) semakin merambah ke layanan green banking. Yakni konsep layanan perbankan berbasis keberpihakan
pada kelestarian lingkungan. Setuju banget, bumi tempat kita tinggal, harus
kita rawat dengan program go green yang baik, termasuk dalam berbinis.
68.
Mendukung
kelahiran dan perkembangan wirausaha di Indonesia, BNI sediakan solusi untuk
pengusaha kecil. Darmadi mengungkapkan bahwa terkadang, pemilik perusahaan
kecil tersebut juga merangkap sebagai personalia. Pemisahan antara kebutuhan pribadi dan
perusahaan sulit dipisahkan. Masalah semacam ini, bisa diselesaikan oleh BNI.
69.
Atas aksi nyata dalam menggalakkan dan mendukung
program cinta bumi di Indonesia, BNI kerap meraih penghargaan sebagai
perusahaan hijau salah satunya diganjar anugerah Indonesia Green Company Award
2012
Luar biasa! Saya yakin
rangkuman prestasi BNI yang saya posting ini masih belum apa-apa dibandingkan
dengan pengalaman, dedikasi, pengabdian, dan perjuangan BNI yang setia menemani
pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat Indonesia. Semua itu ialah
prestasi BNI yang tak akan bisa disaingi oleh bank mana pun di Indonesia.
3 Gambar ialah program-program keren BNI untuk Nasabah dan Non-nasabah. Asyik! |
Sepanjang perjalanan BNI
selama 69 tahun tentu penuh dengan lika-liku, namun BNI telah membuktikan
kematangan dan kedewasaannya yang semakin menguatkan posisinya sebagai bank
umum terkemuka di Indonesia. Maka tak berlebihan rasanya jika saya
merekomendasikan pada semua orang, terutama pada diri saya sendiri, untuk
mantap menabung dan membangun masa depan yang lebih baik bersama BNI. Salam
sukses, salam semangat!
Daftar Referensi:
Raih masa depan terbaik, bersama bank terbaik di Indonesia ^^b |
Artikelnya keren, boleh minta kalender yang ada Wisma BNI nya itu hehehe, salam kenal, baca juga artikel saya ya http://wpsukses.com/bni-46-sahabat-bisnis-menabung-dan-investasiku.php
ReplyDeleteSilakan diunduh saja. Terima kasih. Semoga kita sama-sama menang
ReplyDeleteAamiin :)