BNI 69: Terbaik dari yang Terbaik

Oleh: Fahrul Khakim

            Begitu bangga rasanya BNI telah banyak menuai prestasi untuk Indonesia. BNI telah memancang visi ‘Memberi Lebih’ dengan aksi nyata. Ada begitu banyak prestasi BNI yang patut diapresiasi karena telah membantu menyejahterakan masyarakat Indonesia sekakigus mengharumkan nama Indonesia.
            Tak perlu ragu untuk menyimak prestasi BNI dalam rangka lomba blog 69 Tahun BNI, Berprestasi dan Berbagi untuk Negeri. Pada usia spesial BNI mendekati tujuh dekade ini, saya telah merangkum 69 prestasi BNI yang patut kita simak dan apresasi. Tentu saja prestasi BNI ini sangat berkarakter, prestisius, dan tak ada duanya di Indonesia.

  1. Bank Komersial Pertama di Indonesia yang lahir pada 5 Juli 1946
  2. Satu-satunya Bank yang menggantikan De Javasche Bank pada era penjajahan
  3. Pendiri BNI ialah Anggota BPUPKI, Raden Mas (R.M.) Margono Djojohadikusumo
  4. Bank pertama yang alat resmi pembayaran pertama – ORI (Oeang Republik Indonesia)
  5. Pioner Bank Pembangungan sekaligus Bang Devisa Indonesia
  6. Menjadi Bank Umum yang Ditetapkan secara Yuridis
  7. Inovasi Kartu Kredit Bergambar PBL dan Chelsea yang mendapatkan sambutan baik
  8. Layanan Trust untuk Industri Pertambangan
  9. Logo BNI yang selalu humanis, berdedikasi, dan sangat ‘Indonesia’
  10. Slogan-slogan yang selalu optimis dan realistis
  11. Empat Nilai Budaya Kerja yang patut diteladani
  12. Enam Nilai Perilaku Utama Insan BNI yang berkarakter dan profesional
  13. Kerja sama sponsor yang selalu mendongkrak nama Indonesia
  14. Bank dengan 9 Anak Perusaan yang terus berkembang
  15. BNI ialah Bank BUMN dengan jaringan internasional terbesar
  16. BNI memiliki lima kantor cabang di luar negeri; yaitu di London, New York, Tokyo, Singapura, Hongkong; satu sub branch / cabang di Osaka; Limited Purpose Branch di Singapura; dan Remittance Representative yang tersebar di Malaysia, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat.
17.  Mendapat 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014.
18.  The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014. 
19.  Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014. 
20.   The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management  Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service  dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014). 
21.   Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia  Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014). 
22.   The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014). 
23.  Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014). 
24.  Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014. 
25.  Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional  HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service. 
26.  Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014. 
27.  The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21 Mei 2014. 
28.  The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014. 
29.  BNI menjadi bank pertama yang memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014.
30.  Best Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014. 
31.  Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014. 
32.  Gatot M. Suwondo  CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014. 


33.  The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia  Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.
  1. Transaksi BNI Direct yang terus meningkat secara produktif :12% dari Rp 240 triliun per Mei 2013 menjadi Rp 270 triliun pada Mei 2014
  2. Tingginya volume transaksi tersebut tidak terlepas dari cepatnya tingkat penciptaan produkCash Management yang dilakukan BNI.
  3. Pada tahun 2013, BNI telah mengembangkan 25 layanan Cash Management baru serta lebih dari 50 produk yang diciptakan sesuai dengan keinginan masing-masing klien secara khusus.
  4. Tahun 2012, pendapatan BNI dari bisnis internasional tercatat mencapai USD 77,62 juta atau meningkat 37% dari tahun 2011
  5. Tahun 2013 tercatat pendapatan BNI dari bisnis internasional ini mencapai USD 95,51 juta atau meningkat 23% dari tahun sebelumnya
  6. Tahun 2014 ini, BNI memperkirakan pendapatan dari bisnis internasional akan menyentuh posisi USD 121,48 juta
40.  BNI telah memancang benih investasi yang signifikan dalam membangun pondasi yang kuat dalam mengadakan solusi, jasa konsultasi, dan pengelolaan kas yang sangat luas kepada nasabahnya. Upaya itu membuat BNI memeroleh kepercayaan untuk mengelola kas 2.000 klien korporasi dan 18.000 perusahaan kecil dan menengah
41.  Gedung Wisma BNI 46 Gedung Tertinggi di Jakarta
42.  Gedung Wisma BNI 46 Gedung Tertinggi di Indonesia
43.  Gedung Wisma BNI 46 Gedung Tertinggi No. 4 di Belahan Bumi Selatan
44.  Gedung Wisma BNI 46 Gedung Tertinggi No. 96 di Asia
45.  Gedung Wisma BNI 46 Gedung Tertinggi No. 193 di Indonesia
46.  Satu-satunya Gedung Bank yang jadi Icon Jakarta dan bahkan Indonesia: Gedung Wisma BNI
47.  Satu-satunya Gedung Bank dengan desain yang unik dan menarik mirip ujung pena di Indonesia: Gedung Wisma BNI. Saya mendapat kesan ujung pena itu untuk menunjukkan dedikasi dan integritas yang tinggi pada negeri
48.   Seringkan mengadakan kuis-kuis gratis yang seru dan berhadiah besar. Salah satunya kuis blog ini J
49.  Apresiasi dan penghargaan pada nasabah bank lain. Memberikan hadiah setiap transaksi dengan ATM BNI, menunjukkan bahwa BNI peduli pada kemudahan transaksi nasabah bank mana pun. Kebijakan BNI ini bernilai sosial tinggi dan layak diteladani
50.  Pembayaran online paling aman. Mudah dan nyaman. Saya sering membayar SPP kuliah dan membayar jual-beli online lewat BNI karena prosesnya gampang dan cepat. Bahkan begitu juga testimoni dari teman-teman. Proses antrinya rapi, tertib, dan nyaman. Walau saya bukan nasabah BNI, saya tetap dilayani dengan sejajar nasabah BNI lainnya.
51.  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendapat penghargaan sebagai bank persepsi dengan Layanan Penerimaan Negara terbaik 2014 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Dari 33 wilayah di seluruh Indonesia, BNI menjadi yang terbaik di 9 wilayah yaitu, Batam, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banjarmasin, Mamuju, Kendari, Gorontalo, Ternate, dan Manado.
52.  Contact Center PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau yang dikenal dengan BNI Call 500046 menorehkan prestasi dalam ajang Contact Center World tingkat dunia di Las Vegas, Amerika Serikat. BNI meraih dua medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu dalam kompetisi yang digelar Contact Center World dan diikuti oleh peserta perusahaan dan individu dari Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika pada pertengahan November 2014 lalu.
53.  BNI menyejajarkan hak semua nasabah. Penyandang disabilitas, terutama pengguna kursi roda, bisa memakai Anjungan Tunai Mandiri (ATM) lebih mudah di BNI (Bank Negara Indonesia) dengan dibukanya fasilitas ATM yang dapat memenuhi kebutuhan khusus mereka. Sebagai tahap awal, BNI membuka satu unit ATM khusus bagi penyandang disabilitas di Kantor Cabang Utama Fatmawati, Jakarta, pada hari Rabu (3 Desember 2014).
54.  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) merilis kartu debit paling eksklusif pertama di Indonesia dengan fasilitas yang berlaku diseluruh belahan dunia, yaitu Kartu Debit BNI Emerald World MasterCard. Peluncuran kartu ini diselenggarakan secara simultan di dua tempat yaitu Galeries Lafayette Haussman, Paris dan Galeries Lafayette, Jakarta sebagai representasi dari fasilitas kelas dunia yang ditujukan kepada para nasabah prioritas BNI Emerald.
55.  Sering menyeponsori, mendukung dan memberi diskon keren untuk acara seni budaya dan musik keren seperti konser Andine dan Java Jazz, menunjukkan bahwa BNI 46 juga merangkul kalangan seniman, budaya, serta mengerti selera kaum muda.
56.  Mendukung pemuda khususnya mahasiswa menjadi agent of change. Sebagai bentuk kepedulian terhadap program-program pemberdayaan masyarakat, Bank Negara Indonesia (BNI) berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM)  Yogyakarta merencanakan pengembangan Sosio-Entrepreneurship Masyarakat Area Migas di Kabupaten Bojonegoro.
57.  Promo belanja menarik dengan proyeksi dana yang transparan. Buka BNI Tapenas, rencanakan masa depan Anda dan nikmati berbelanja online secara gratis senilai setoran awal Anda.
 
Wisma BNI 46
58.  BNI membantu pelestarian kearifan lokal Indonesia melalui Kampoeng BNI. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyokong beberapa Kampoeng BNI yang telah dibimbingnya berkembang menjadi Desa Wisata dengan memberikan capacity building tentang bagaimana konsep desa wisata, pengembangan potensi wisata, pemasaran, dan pengelolaannya (manajemen). Beberapa Kampoeng BNI tersebut diundang untuk memeroleh motivasi dan pelatihan tentang manajemen Desa Wisata melalui capacity building dan benchmarking di Kampoeng BNI Wisata Borobudur, di Desa Wanurejo, Magelang.
  1. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk penyebaran dan penyiaran informasi edukasi keuangan. BNI sebagai BUMN yang bergerak di bidang perbankan, memiliki fungsi perpanjangan tangan pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. 
60.  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menjadi satu-satunya bank yang meraih penghargaan Adibakti Mina Bahari dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, pada acara malam penghargaan Adibakti Mina Bahari Tingkat Nasional Tahun 2014
61.  BNI 46: satu-satunya bank yang resmi dipercaya Pemerintah Republik Indonesia untuk mempermudah pembayaran passport di Indonesia
62.  Kini membayar passport Indonesia lebih mudah karena Kini, selain membayar tunai, pembuat paspor juga dapat membayar dengan menggunakan Kartu Debit dan Kredit melalui fasilitas mesin electronic data capture (EDC) BNI yang akan terpasang di 121 Kantor Imigrasi di Indonesia.


63.  Salah satu Bank yang siap menjadi Financial Center di 2015 karena PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sudah memperkuat integrasi bisnis dimulai dengan perseroan menyiapkan tenaga perencana keuangan atau financial planner di posisi customer service seluruh outlet BNI.
64.  Proyek pengembangan Sistem Anti Fraud yang dikembangkan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) diakui sebagai yang terbaik dalam ajang kompetisi Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2014 (OpexCon).  Sistem Anti Fraud bernama BNI Sales Governance  ini dinilai unggul oleh dewan juri OpexCon dalam penjurian yang dilakukan Juli 2014, sehingga BNI layak meraih penghargaan sebagai penerima Gold Achievement OpexCon Award.
65.  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menorehkan prestasi membanggakan dibandingkan bank-bank lain di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Prestasi terbaik dan pertama kali diraih BNI pada tahun 2014 adalah menjadi bank yang mempunyai Divisi Internasional terbaik di Asia Tenggara.
66.  Mendukung pendidikan Indonesia, sebanyak 13 guru berprestasi dan kepala sekolah, Kota Pangkalpinang memeroleh uang pembinaan dari PT BNI Persero Tbk Cabang Pangkalpinang pada saat HUT ke 69 PGRI dan Hari Guru Nasional di Kantor Wali Kota Pangkalpinang. Masing-masing guru berprestasi memeroleh uang pembinaan Rp 2 juta.
67.  Membanggakan, Bank Negara Indonesia (BNI) semakin merambah ke layanan green banking. Yakni konsep layanan perbankan berbasis keberpihakan pada kelestarian lingkungan. Setuju banget, bumi tempat kita tinggal, harus kita rawat dengan program go green yang baik, termasuk dalam berbinis.
68.  Mendukung kelahiran dan perkembangan wirausaha di Indonesia, BNI sediakan solusi untuk pengusaha kecil. Darmadi mengungkapkan bahwa terkadang, pemilik perusahaan kecil tersebut juga merangkap sebagai personalia. Pemisahan antara kebutuhan pribadi dan perusahaan sulit dipisahkan. Masalah semacam ini, bisa diselesaikan oleh BNI.
69.  Atas aksi nyata dalam menggalakkan dan mendukung program cinta bumi di Indonesia, BNI kerap meraih penghargaan sebagai perusahaan hijau salah satunya diganjar anugerah Indonesia Green Company Award 2012
BNI saat menerima penghargaan Divisi Internasional Terbaik
Luar biasa! Saya yakin rangkuman prestasi BNI yang saya posting ini masih belum apa-apa dibandingkan dengan pengalaman, dedikasi, pengabdian, dan perjuangan BNI yang setia menemani pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat Indonesia. Semua itu ialah prestasi BNI yang tak akan bisa disaingi oleh bank mana pun di Indonesia.


3 Gambar ialah program-program keren BNI untuk Nasabah dan Non-nasabah. Asyik!
Sepanjang perjalanan BNI selama 69 tahun tentu penuh dengan lika-liku, namun BNI telah membuktikan kematangan dan kedewasaannya yang semakin menguatkan posisinya sebagai bank umum terkemuka di Indonesia. Maka tak berlebihan rasanya jika saya merekomendasikan pada semua orang, terutama pada diri saya sendiri, untuk mantap menabung dan membangun masa depan yang lebih baik bersama BNI. Salam sukses, salam semangat!
 
BNI itu sudah terkenal dimana-mana lho! :)
Daftar Referensi:
Raih masa depan terbaik, bersama bank terbaik di Indonesia ^^b

Comments

  1. Artikelnya keren, boleh minta kalender yang ada Wisma BNI nya itu hehehe, salam kenal, baca juga artikel saya ya http://wpsukses.com/bni-46-sahabat-bisnis-menabung-dan-investasiku.php

    ReplyDelete
  2. Silakan diunduh saja. Terima kasih. Semoga kita sama-sama menang
    Aamiin :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Monolog Waktu

Jangan Buang Putung Rokok Sembarangan

Mengenal Data Tekstual